Rabu, 06 Februari 2013

Ciri-ciri manusia sebagai Mahluk hidup

CIRI-CIRI KEHIDUPAN PADA TUBUH MANUSIA
Tubuh Manusia
Tubuh manusia merupakan keseluruhan struktur fisik manusia. Tubuh manusia terdiri atas kepala, leher, batang tubuh, sepasang lengan, dan sepasang kaki.
Tubuh manusia ditutupi oleh kulit dan diperkuat oleh rangka.
secara garis besar tubuh manusia dapat dibedakan atas:
1. Kepala
    Terdiri dari : tengkorak, wajah, dan rahang bawah.
2. Leher
3. Batang tubuh
    Terdiri dari : dada, perut, punggung dan panggul.
4. Anggota gerak atas
    Terdiri dari : - Sendi bahu - Lengan atas - Lengan bawah - Siku - Lengan bawah - Pergelangan tangan -        Tangan.
6. Anggota gerak bawah
    Terdiri dari : - Sendi panggul - Tungkai atas (paha) - Lutut - Tungkai bawah - Pergelangan kaki - Kaki.
    Tinggi rata-rata tubuh manusia dewasa sekitar 1,6 m (5-6 kaki). Ukuran tubuh manusia biasanya                  ditentukan oleh gen. Jenis dan komposisi tubuh dipengaruhi oleh faktor pasca-kelahiran seperti diet dan        olahraga.
  Pada saat manusia mencapai kedewasaan, tubuh terdiri dari hampir 100.000.000.000 sel. Masing-masing    merupakan bagian sistem organ yang dirancang untuk melakukan fungsi kehidupan yang esensial. Sistem       organ tubuh termasuk: kardiovaskular (peredaran darah), kekebalan tubuh, pencernaan, pernapasan, ekskresi, perkemihan, muskuloskeletal (otot dan rangka), saraf, endokrin, dan reproduksi.
Ciri-ciri Manusia sebagai Mahluk Hidup
Manusia dikatakan sebagai makhluk hidup atau organisme bernyawa karena memenuhi ciri-ciri sebagai berikut di bawah ini :
1. Terdapat Protoplasma
    Protoplasma merupakan bagian terpenting dari sel yang terdiri atas kompleks sitoplasma beserta isinya         termasuk nukleus, yang terlindung dengan baik. Berbeda
   dengan benda tak hidup atau benda mati yang tidak memiliki protoplasma. Lihat saja batu atau komputer      yang tidak memiliki protoplasma atau sel, sehingga disebut sebagai benda mati.
2. Mempunyai Bentuk dan Ukuran
   Makhluk hidup dapat dikenali ciri khas yang ada padanya dengan melihat bentuknya. Antara jenis makhluk    hidup yang satu dengan yang lain memiliki perbedaan baik dalam ukuran maupun bentuknya. Seperti antara     manusia dengan kera, dengan jelas terlihat perbedaannya.
3. Melakukan Aktifitas-aktifitas Kehidupan :
- Makan
      Makanan (nutrisi) diperlukan oleh makhluk hidup sebagai sumber energi, untuk pertumbuhan dan mengganti sel-sel yang rusak. Setiap makhluk hidup mempunyai cara yang berbeda-beda dalam memperoleh makanan. Hewan dan manusia tidak dapat membuat makanan sendiri seperti tumbuhan, tetapi tergantung pada makhluk hidup lainnya. Makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanan sendiri dinamakan heterotrof.
- Metabolisme
        Metabolisme merupakan modifikasi senyawa kimia secara biokimia di dalam organisme dan sel. Metabolisme mencakup sintesis atau penyusunan (anabolisme) dan penguraian (katabolisme) molekul organik kompleks. Metabolisme biasanya terdiri atas tahapan-tahapan yang melibatkan enzim. Tanpa metabolisme, makhluk hidup tidak dapat bertahan hidup.
Katabolisme adalah reaksi pemecahan/pembongkaran senyawa kimia kompleks yang mengandung energi tinggi menjadi senyawa sederhana yang mengandung energi lebih rendah. Fungsi reaksi katabolisme adalah untuk menyediakan energi dan komponen yang dibutuhkan oleh reaksi anabolisme. Respirasi atau bernapas merupakan reaksi katabolisme utama pada manusia. Pada saat bernapas, oksigen (O2) dihirup dan karbon dioksida (CO2) dihembuskan. Oksigen diperlukan untuk proses oksidasi zat makanan yang menghasilkan energi dan karbon dioksida. Energi berguna untuk menjalankan kegiatan hidup. Manusia dan hewan vertebrata di darat bernafas dengan paru-paru.
Anabolisme adalah suatu peristiwa perubahan senyawa sederhana menjadi senyawa kompleks, nama lain dari anabolisme adalah peristiwa
sintesis atau penyusunan. Proses anabolisme memerlukan energi dalam bentuk Adenosin Tri Posfat (ATP) untuk menghasilkan molekul-molekul kompleks seperti protein, lipid, polisakarida, dan asam-asam nukleat. Anabolisme merupakan proses yang dibutuhkan tubuh kita untuk membangun otot.
- Tumbuh dan Berkembang
       Pertumbuhan adalah penambahan biomassa yang bersifat tidak dapat balik (irreversible). Penambahan biomassa ditandai dengan penambahan berat, panjang, volume, jumlah sel, dan lain-lain. Pertumbuhan pada makhluk hidup dapat dilihat dari perubahan ukurannya. Oleh karena itu, pertumbuhan dapat dinyatakan dalam ukuran panjang maupun berat. Ciri-ciri pertumbuhan antara lain sebagai berikut:
 Terjadi perubahan fisik dan perubahan ukuran
 Terjadi peningkatan jumlah sel (kuantitatif)
 Dapat dinyatakan dalam ukuran panjang maupun berat
 Dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal
 Bersifat terbatas, pada usia tertentu makhluk hidup sudah tidak tumbuh lagi.
Selama pertumbuhan, makhluk hidup juga mengalami perkembangan. Perkembangan merupakan perubahan struktur dan fungsi yang bersifat spesifik. Perubahan struktur dan fungsi tersebut menyebabkan bagian-bagian penyusun tubuh bertambah lengkap, sempurna, dan kompleks. Adapun ciri-ciri perkembangan antara lain sebagai berikut:
 Terjadi peningkatan kualitatif individu
 Adanya proses kedewasaan
 Tidak dapat dinyatakan dalam ukuran jumlah, panjang, maupun berat
 Bersifat sistematis, progresif, dan berkesinambungan. Artinya proses perkembangan terus terjadi sampai makhluk hidup tersebut mati.
- Reproduksi
       Makhluk hidup yang tidak mampu berkembangbiak menghasilkan keturunan akan punah dan musnah dimakan waktu. Oleh sebab itu makhluk hidup memiliki cara masing-masing untuk dapat memperbanyak diri untuk mempertahankan keberadaan jenisnya di dunia. Cara perkembangbiakkan makhluk hidup berbeda-beda. Manusia berkembang biak dengan melahirkan.
Hewan berkembang biak antara lain dengan melahirkan, bertelur, bertelur-melahirkan, dan lain-lain.
- Melakukan Adaptasi
        Semua makhluk hidup perlu melakukan penyesuaian diri dengan fungsi tubuh dan lingkungan sekitar ekosistem, untuk dapat bertahan hidup dengan lebih baik dan mudah. Adaptasi pada mahluk hidup bermacam-macam, diantaranya adaptasi morfologis, tingkah laku, dan fisiologis. Contoh adaptasi fisiologi pada manusia, yaitu pada saat udara panas akan berkeringat, dan pada saat udara dingin akan mengeluarkan banyak urin.
- Bergerak
       Bergerak adalah merupakan perubahan posisi atau pindah tempat, baik seluruh tubuh atau sebagian. Ada dua macam gerak pada mahluk hidup, yaitu gerak aktif dan gerak pasif. Gerak aktif adalah gerak berpindah tempat misalnya dengan kaki, sayap dan sirip. Gerak pasif misalnya ditunjukkan oleh tumbuhan. Tumbuhan umumnya tidak dapat berpindah tempat, tetapi menggerakkan sebagian tubuhnya. Pada vertebrata termasuk manusia, terdapat gerak aktif dengan alat gerak berupa otot, dan gerak pasif dengan alat gerak berupa tulang. Manusia dan hewan melakukan kegiatan dengan menggerakkan anggota tubuh untuk berbagai keperluan seperti berjalan, berlari, makan, menggaruk, berkedip, dan sebagainya.
- Memiliki Sistem Transpor
        Transportasi di sini ialah proses pengedaran berbagai zat yang diperlukan ke seluruh tubuh dan pengambilan zat-zat yang tidak diperlukan untuk dikeluarkan dari tubuh. Alat transpor pada manusia terutama adalah darah. Di dalam tubuh, darah beredar dengan bantuan alat peredaran darah yaitu jantung dan pembuluh darah. Selain peredaran darah, pada manusia terdapat juga peredaran limfe (getah bening), yang diedarkan melalui pembuluh limfe.
- Peka terhadap Rangsang (iritabilitas)
       Kemampuan untuk bereaksi terhadap rangsangan dari lingkungan disebut dengan istilah iritabilita. Tumbuhan, hewan, dan manusia mempunyai kepekaan terhadap rangsang atau perubahan yang terjadi di sekitarnya. Sebagai contoh, manusia jika diberi bau yang merangsang akan menanggapi rangsang, misalnya bersin. Alat pengenal lingkungan pada manusia dan hewan berupa indera. Indera peka terhadap rangsang. Rangsang dapat berupa
cahaya, bunyi, bau, rasa atau sentuhan. Dengan adanya indera yang peka terhadap rangsang-rangsang tersebut, manusia dan hewan mempunyai kemampuan melihat, mendengar, mencium, mengecap rasa dan menyentuh/meraba.
- Memiliki Sistem Regulasi
        Pengertian sistem regulasi adalah sistem pengaturan yang ada di dalam tubuh makhluk hidup untuk dapat hidup seimbang, serasi dan selaras, yang diatur oleh syaraf dan hormon.
- Ekskresi
       Ekskresi adalah proses pengeluaran sisa-sisa metabolisme tubuh. Dalam proses oksidasi makanan selain menghasilkan energi, tubuh organisme juga menghasilkan zat sisa yang harus dikeluarkan dari tubuh. Apabila zat sisa tersebut tidak dikeluarkan, akan membahayakan tubuh. Organ atau alat-alat ekskresi pada manusia yaitu paru-paru, hati, kulit, dan ginjal. Sebagai contoh, ginjal pada manusia berfungsi untuk menyaring darah dan mengeluarkan zat sisa yang disebut urin.

Senin, 04 Februari 2013

Resep Serba Nugget

Yu bikin nugget sendiri....!!! Hemat dan dijamin Sehat lho.....!!



Nuget ayam

Bahan:
200 gram daging ayam
35 gram terigu
2 siung bawang putih
1 butir telur
Garam, merica, gula secukupnya
(Semua bahan dicampur, digiling sampai halus)
Bahan lapisan:
2 butir putih telur
Tepung roti secukupnya
Cara membuat:
  1. Masukkan gilingan ayam ke dalam loyang. Kukus 20 menit.
  2. Keluarkan dari kukusan. Biarkan dingin. Potong-potong menurut selera.
  3. Celup putih telur. Gulingkan ke tepung roti.
  4. Goreng saat ingin dihidangkan.
(/Aura)
Resep nuget ayam jawa istimewa

Bahan: 

  • 500 gr daging ayam cincang
  • 150 ml susu
  • 2 btr telur
  • 2 lbr roti tawar, hilangkan pinggirnya, potong-potong
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt lada
  • 1 sdt gula pasir
  • 2 sdt saus aroma
  • 150 gr bawang bombai cincang 
  • Minyak untuk menggoreng


Cara Menbuat:
1. Campur roti tawar dengan susu cair, aduk sampai roti hancur
2. Tambahkan ayam cincang, aduk rata
3. Masukan bawang bombai, garam, lada, gula pasir, saus aroma, dan telur aduk sampai adonan rata
4. Tuang adonan ke dalam loyang ukuran 20 x 20  x 3 cm yang sudah di olesi margarin dan dilapisi kertas roti. Kukus adonan dalam dandang panas selama 30 menit sampai matang
5. Cetak nugget sesuai selera
6. Celupkan ke dalam telur kocok, lalu gulingkan ke dalam tepung panir
7. Simpan dalam wadah Tupperware, masukan ke dalam freezer selama 2 jam
8. Keluarkan nugger dari lemari es, biarkan sebentar. Goreng sampai berwarna kuning kecoklatan. Hidangkan hangat dengan saus sambal, bila suka





Nuget ala rumahan

Ingredients:

·         Daging giling 250 gram

·         tepung binder 12,5 gram ( bisa diganti dengan tepung tapioka fungsingya untuk melekatkan adonan)

·         tepung roti 22,5 gram

·         baking powder 4 gram

·         merica bubuk 0,3 grampala bubuk 0.6 gram.gula pasir 2 gram,garam 5 gram

·         bumbu masak 2,5 gram (bisa masako or royko)

·         bawang bombay giling 50 gram

·         mentega 14 gram

·         susu cair 80 gram (bisa susu bubuk dilarutkan dengan air )

Bahan coating :

·         telur ayam 3 butir

·         susu cair 15 cc

·         tepung roti

·         tepung breadcramb

Directions:

·         Timbang semua bahan sesuai dengan resep

·         Campurkan : daging ayam,tepung binder, tepung roti,baking powder, pala bubuk, merica bubuk,garam,gula,bumbu masak,bawang bombay giling dan mentega.

·         Aduk campuran tersebut sampai rata

·         terakir masukkan susu cair aduk sampai rata

·         Ambil dan ratakan adonan ke dalam loyang sesuai ketebalan yang dikehendaki.

·         Kukus selama 20 menit

·         Setelah matang biarkan dingin lalu potong2 sesuai selera.

·         Masukkan nugget dalam kocokan telur yang telah ditambahakan susu cair. Angkat lalu masukkan ke tepung roti sambil diguling gulingkan hingga tepung melapisi nugget secara merata.

·         Masukkan lagi ke kocokan telur, angkat lalu masukkan dalam tepung breadcramb sambil diguling-gulingkan hingga tepung melapisi nugget secara merata.

·         Lakukan sampai nugget yang belum dilapisi tepung selesai.

·         Goreng sampai kuning kecoklatan, apabila disimpan ke frezer sebaiknya digoreng setengah matang baru disimpan.

PENDIDIKAN LALU LINTAS


 
ASPEK DAN INDIKATOR PENDIDIKAN LALU LINTAS
Aspek dan Indikator       Materi Pendidikan keselamatan Lalu Lintas
1.      Hukum
  • a.    Menaati rambu – rambu lalu lintas
  • b.   Menaati marka jalan
  • c.    Menaati isyarat pengatur lalu lintas
  • d.   Melengkapi keamanan diri dalam berlalu lintas
2.      Sosiologi
  • a.    Memberi kesempatan penyemberang jalan.
  • b.   Tidak menyalahgunakan fungsi jalan dan badan jalan.
3.      Ekonomi
  • a.       Bersikap hemat dalam perjalanan.
  • b.      Efektifitas perjalanan.
4.      Psikologi
  • a.       Rasa aman.
  • b.      Rasa nyaman.
5.      Politik
  • a.       Membuat kebijakan lalu lintas didasarkan pada kepentingan umum/bersama.
  • b.      Melaksanakan kebijakan lalu lintas berdasarkan kebenaran.
  • c.       Pelaksanaan pengawasan kebijakan lalu lintas secara adil   1.   Pengertian
  • a.       Lalu Lintas
  • b.      Rambu – Rambu Lalu Lintas
  • c.       Marka Jalan, alat pemberi isyarat pengatur lalu lintas
  • d.      Pengamanan diri sebagai Pemakai Jalan
  • e.       Tata Cara Berlalu Lintas dengan benar.
2.   Dua belas (12) Gerakan pengaturan Lalu Lintas, isyarat pengaturan menggunakan Pluit dan gerakan dasar pada Senam Lantas
3.   Patroli keamanan Sekolah (PKS).
4.   Pasal – pasal tertentu Undang – Undang no 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.
5.   Tips aman perjalanan:
  • a.       Pemahaman terhadap karakteristik dan komponen rambu, marka, alat pemberi isyarat lalu lintas, kendaraan, helm Sim
  • b.      Pemahaman terhadap 12 gerakan pengaturan lalu lintas, isyarat menggunakan pluit.
  • c.       Aplikasikan patroli keamanan sekolah (PKS)
  • d.      Pemahaman terhadap pasal – pasal tertentu undang – udang No.22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.
Berdasarkan rung lingkup tersebut, pengembangan model pengintegrasian mencakup:
  • 1.      Penuyusunan model integrasi pendidikan lalu lintas pada Standar Isi.
  • 2.      Penyusunan dan pengembangan integrasi pendidikan lalu lintas pada silabus
  • 3.      Penyusunan dan pengembangan integrasi pendidikan lalu lintas pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).

3. PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN LALU LINTAS PADA RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
CONTOH PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN ANTIKORUPSI PADA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
(RPP)
Sekolah                                   : SMP Indonesia
Mata pelajaran                      : pendidikan kewarganegaraan
Kelas/Smester                        : VII/1 (satu)
Alokasi Waktu                       : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)
I.             Standar Kompetensi    :
1.       Menunjukkan sikap positif terhadap norma – norma yang  
            berlaku dalam kehidupan dalam kehidupan masyarakat,
            berbangsa, dan bernegara.
II.          Kompetensi Dasar        :
            1.2.    Menjelaskan hakikat dan arti penting hukum bagi 
            Warga Negara
III.       Indikator Pencapaian kompetensi:
Petemuan 1
  1. 1.      Menjelaskan pengertian hukum
  2. 2.      Mendeskripsikan hakikat hukum bagi warga Negara Indonesia termasuk UU No.22 tahun 2009
  3. 3.      Menjelaskan unsur -  unsur hukum
  4. 4.      Menjelaskan tujuan yang di buatnya hukum
  5. 5.      Menjelaskan tujuan dibentuknya UU No. 22 tahun 2009
  6. Pertemuan 2
1.      Mendeskripsikan tata urutan hukum di Indonesia.
2.      Menjelaskan pentingnya hukum bagi warga Negara.
3.      Menjelaskan pentingnya UU Lalu lintas dan Angkutan Jalan bagi warga Negara.
4.      Menunjukkan contoh kewajiban setiap warga Negara dalam menggunakan jalan menurut pasal 105 UU No. 22 Tahun 2009.
5.      Menunjukkan contohperilaku yang harus dihindari karena tidak sesuai dengan etika dan budaya berlalu lintas.
IV.       Tujuan Pembelajaran:
Melalui kegiatan eksplorasi, elaborasi dan komfirmasi siswa dapat:
Pertemuan 1
1.      Menjelaskan pengertian hukum
2.      Mendeskripsikan hakikat hukum bagi warga Negara termasuk UU No. 22 tahun 2009
3.      Menjelaskan unsur – unsur hukum
4.      Menjelaskan tujuan di buat hukum
5.      Menjelaskan tujuan dibentuknya  UU No.22 tahun 2009
V.          Meteri pembelajaran
Pertemuan 1
  1. 1.      Pengertian hukum.
  2. 2.      Hakikat hukum bagi warga Negara Indonesia termasuk UU No. 22 tahun 20009
  3. 3.      Unsur – unsur hukum
  4. 4.      Tujuan dibuatnya hukum
  5. 5.      Tujuan dibentuknya UU No. 22 tahun 2009
Pertemuan 2
  1. 1.      Tata urutan hukum di Indonesia
  2. 2.      Pentingnya hukum bagi warga Negara
  3. 3.      Pentingnya UU Lalu lintas dan Angkutan Jalan
  4. 4.      Kewajiban setiap warga Negara dalam menggunakan jalan menurut pasal 105 UU No. 22 tahun 2009
  5. 5.      Perilaku yang harus dihindari karena tidak sesuai dengan etika dan budaya berlalu lintas.
Model Integarsi Pendidikan Lalu Lintas ke dalam Materi Ajar pengertian hukum:
Hukum adalah himpunan petunjuk hidup (berisi perintah – perintah dan larang – larangan)yang mengatur tata tertib dalam bermasyarakat yang seharusnyaditaati oleh seluruh anggota masyarakat.Oleh karena itu, pelanggaran petunjuk hidup tersebut dapat menimbulkan tindakan sanksi oleh penguasa (Priyanto, dkk. 2008). Salah satu produk hukum yang Negara Republik Indonesia adalah UU No.22 Tahun 2009 yaitu tentang lalu lintas dan angkutan jalan yang dibuat untuk menciptakan ketertiban di jalan. Karena itu di dalamnya memuat petunjuk hidup  dalam ber lalu lintas dan Angkutan Jalan. lalu lintas dan angkutan jalan diselenggarakan dengan tujuan: (1) mewujudkan pelayanan lalu lintas dan angkutan jalan yang aman, tertib, lancer, dan terpadu dengan modal angkutan lain untuk mendorong perekonomian nasional, memajukan kesejahteraan umum, memper – kukuh persatuan dankesatuan bangsa, serta mampu menjunjung tinggi martabat nasional; (2) terwujudnya etika dan budaya lalu lintas; (3) terwujudnya penegakan hukum dan kepastian hukum masyarakat.

Menurut teori keudaulatan rakyat, hukum dibentuk atas kontrak bersama antara rakyat dan penguasa, atau antara yang diperintah dan yang memerintah dan apabila ada yang mengingkari, melanggar hukum merupakan tindakan melawan hukum. Hukum di bentuk dengan tujuan terciptanya kedamaian dan ketertibandi masyarakat. Oleh karena itu wajib bagi setiap warga Negara untuk menjunjung hukum seperti disebutkan dalam UUD 1945 pasal 27 ayat (1) setiap warga Negara bersamaan kedudukannya dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan tersebut tanpa kecuali. Hal ini sejalan dengan UU Nomor 22 Tahun 2009 pasa 105 yang berbunyi “setiap yang menggunakan jalan wajib a. berperilaku tertib; dan/atau; b. mencegah hal – hal yang dapat merintangi, membahayakan keamanan dan keselamatan jalan. Fakta yang ada di lapangan masih ada pengendara bermotor melawan arus seperti terlihat pada gambar. Bila terjadi kecelakaan bisa berakibat fatal. Banyak nyawa dan harta benda melayang ketidak taatan pengendara kenderaan bermotor menaati rambu – rambu lalu lintas dan angkutan jalan. Rambu – rambu lalu lintas tidak ada artinya bila tidak dibandingi dengan kesadaran masyarakat itu sendiri.

Pernyataan pasal tersebut menunjukkan bahwa hukumlah yang menjadi panglima, pedoman utama untuk bertindak, berperilaku dan berucap dalam kehidupan masyarakat, berbangsa, dan bernegara. Ini berarti setiap warga Negara tidak boleh menyimpang dari peraturang perundang – undangan yang berlaku (aspek hukum), termasuk undang – undang lalu lintas dan angkutan jalan itulah disebut”supremasi hukum”.
Hakikat Hukum
Hakikat hukum adalah aturan tentang tingkah laku manusia agar tercipta ketertiban dimasyarakat dan bagi pelanggarnya di berikan sanksi. Indonesia sebagai Negara hukum, maka dimanapun warga Negara berada di wilayah hukum Republik Indonesia masih terikat oleh ketentuan hukum. Demikian juga hakikat UU No. 22 tahun 2009 adalah aturan tentang etika dan budaya berlalu lintas, sehingga tercipta ketertiban di jalan raya. Kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap hukum termasuk undang – undang nomor 22 tahun 2009 masih relative rendah, akibatnya sering terjadi pelanggaran yang berakibat kecelakaan, dan di kenai sanksi.
Unsur – Unsur Hukum
Hukum terbentuk karana unsur – unsur antara lain (1) peraturan mengenai tingkahlaku dalam pergaulan masyarakat; (2) peraturan itu di adakan oleh badan – badan resmi yang wajib; (3) peraturan itu pada umumnya bersifat memaksa, dan (4sanksi yang tegas terhadap pelanggaran peraturan tersebut. Demikian juga pelanggaran terhadap UU No. 22 Tahun 2009 pasal 274 “ Setiap orang yang melakukan perbuatan yang mengakibat kerusakan dan atau gangguan fungsi jalan sabagai mana di maksud pasal 28 ayat (1) dipidana penjara paling lama 1(satu) atau denda paling banyak Rp. 24.000.000,00 (dua puluh  empat juta rupiah).
Disini secara jelas demokrasi dengan cara membakar ban, merusak rambu – rambu lalu lintas, meblokir jalan  sangat bertentangan dengan pasal 28 ayat (1) UU No. 22 Tahun 2009.
Tujuan hukum :
Berdasarkan hakikat dan unsur pembentuknya, maka tujuan hukum adalah terciptanya ketertiban di masyarakat. Ketertiban akan terwujud, bila seluruh komponen bangsa di negeri ini selalu menaati peraturan yang berlaku (aspek hukum) dan menjadi tanggung jawab seluruh komponen bangsa ini.
Tujuan UU 22 Tahun 2009 sebagai tercantum dalam pasal 3 lalu lintas dan angkutan jalan diselenggarakan dengan tujuan:
  • a.       Terwujudnya pelayanan Lalu Lintas dan Angkutan jalan yang aman selamat, tertib, lancar dan terpadu dengan modal angkutan lain mendorong perekonomian nasional, memajukan kesejahteraan umum memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa, serta mampu menjunjung tinggi martabat banagsa:
  • b.      Terwujudnya etika berlalu lintas dan budaya bansga; dan
  • c.       Terwujudnya penegakan hukum dan kepastian hukum bagi masyarakat
Tata Urutan Peraturan Perundangan:
Berdasarkan UU No. 10 tahun 2004 dinyatakan tata urutan peraturan perundangan Republik Indonesia mulai yang paling tinggi hingga terendah kedudukannya adalah
1.      UUD 1945,
2.      Undang – undang atau peraturan pemerintah penganti undang – undang (UU/PERPU)
3.      Peraturan pemerintah (PP)
4.      Peraturan presiden (PERPRES)
5.      Peraturan daerah (PERDA)
Prinsip yang mendasar dalam tata urutan tersebut bahwa peraturan perundang – undangan yang lebih rendah, tidak boleh bertentangan dengan peraturan perundang – undangan di atasnya. Setiap peraturan dibuat oleh lembaga yang berwenang.
Berdasarkan tata urutan tersebut, UU No. 22 tahun 2009 maupun UU No. 38 tahun 2005 kedudukannya dibawah UUD 1945, dimana proses pembuatannya dilakukan bersamaan dan disepakati bersamaan oleh lembaga Negara yaitu DPR dan pemerintah. DPR sebagai wakil rakyat dan pemerintah menjalankan amanat rakyat. Karena itu hukum merupakan kontrak pemerintah dan rakyat.
Pentingnya Hukum
Pentingnya hukum bagi masyarakat adalah untuk memberikan jaminan perlindungan dan keadilan serta kepastian hukum terhadap warga Negara. Jaminan perlindungan keadilan akan terwujud apabila para penegak hukum dalam melaksanakan tugasnya benar – benar komitmen dan tidak menyimpangdari aturan yang ada dan dilandasi oleh hati nurani yang bersih, jujur, bijaksana oleh para penegak keadilan dalam pengambilan keputusan yang seadil adilnya.
Demikian juga Undang – Undang Nomor 22 tahun 2009 menurut pasal 4 dinyatakan bahwa undang – undang ini berlaku untuk membina dan menyelenggarakan lalu lintas dan angkutan jalan  yang aman, selamat, tertib dan lancer melalui;
a.       Kegiatan gerak pindah kendaraan, orang, dan/atau barang di jalan;
b.      Kegiatan yang menggunakan sarana, prasarana, dan fasilitas pendukung Lalu Lintas dan angkutan jalan; dan
c.       Kegiatan yang berkaitan dengan registrasi dan identifkasi kendaraan bermotor dan pengumudi, pendidikan berlalu lintas, Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas, serta penegakan hukum lalu lintas dan angkutan jalan.
Perilaku yang harus dihindari karena tidak sesuai dengan etika dan budaya berlalu lintas.
1.      Tidak kebut – kebutan di jalan raya.
2.      Tidak member ruang gerak yang cukup bagi kendaraan lain dari arah yang berlawanan
3.      Tidak parker kendaraan di sembarangan tempat
4.      Tidak membunyikan klakson di tempat – tempat serti didepan Mesjid, Gereja, Rumah sakit dsb.
5.      Tidak boleh menggunakan sirine, kecuali kendaraan tertentu yang di ataur oleh ketentuan.
6.      Tidak member kesempatan pada penjalan kaki atau penyeberang jalan.
7.      Tidak boleh menerima telpon ketika mengemudi
8.      Tidak member lampu isyarat ketika hendak membelokkan kendaraannya.
9.      Tidak boleh minum obat – obatan yang berakibat ngantuk ketika mengemudi kendaraan.
10.  Tidak boleh membunyikan yang keras di dalam kendaraannya
11.  Tidak boleh mendaului kendaraan dari samping kiri kecuali ada petunjuk lalu lintas

VI.    Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan          : Pendekatan aktif dan Contektual
2.      Strategi                : a. Cooperative Learning teknik “Student Team Achievment Devission “
                        (STAD) untuk pertemuan 1
b. Cooperative Learning teknik “ Problem Solving Meetting untuk pertemuan2
3. Metode                    : resitasi (pemberian tugas), diskusi, pengamatan, Tanya jawab

VII. Langkah – Langkah Kegiatan pembelajaran
Pertemuan 1
Model Pembelajaran  Kooperatif teknik STADTAHAP KEGIATAN                AKTIVITAS SISWA/GURU
A.    Pendahuluan
       1. melakukan absensi dengan cara bertanya pada siswa yang tidak masuk hari ini
  1. 2. Guru melakukan opersepsi terhadap tema pembahasan hari ini yaitu hakikat dan pentingnya dan penting hukum bagi warga Negara termasuk ketentuan lalu lintas dan angkutan lain.
B.     Inti
 1.   Guru meminta siswa membentuk kelompok @ 3 – 5 orang siswa secara heterogen (jenis kelamin, suku) dan dalam anggota kelompok harus ada siswa yang berprestasinya menonjol.
2.   Tiap kelompok tim belajar berprestasi (STAD) ditugasi untuk membaca lembar informasi secara cermat dan memecahkan permasalahan sbb:
  • a.    Jelaskan pengetian hukum
  • b.   Deskripsikan hakikat hukum bagi warga Negara termasuk UU No. 22 tahun 2009.
  • c.    Jelaskan unsur – unsur hukum
  • d.   Jelaskan tujuan dibuatnya hukum.
  • e.    Jelaskan tujuan dibentuknya UU No. 22 tahun 2009
  • 3.   Guru memberikan tugas kepada anggota kelompok yang sudah menguasai dan mampu memecahkan permasalahan diminta untuk menjelaskan pada anggota kelompoknya sampai anggota dalam kelompok itu mengerti memahami benar – benar pemecahan masalah.
4.   Guru memberikan kuis/pertanyaan secara lisan/tertulis dan disampaikan secara urut (misalnya 15 kuis).
5.   Tiap hari siswa dalam kelompok di minta menjawab kuis yang disampaikan guru.
6.   Siswa yang menjawab benar diberi point (skor) berupa angka(misalnya setiap jawaban benar diberi skor5), sehingga semua kuis habis terjawab oleh siswa.
7.   Kelompok belajar yang paling besar mengumpulkan reward atau skor atau point dinyatakan kelompok belajar yang paling berprestasi dan guru menyediakan reward/penghargaan kepada tim belajar tersebut.
8.   Guru melakukan penilaian terhadap hasil dan proses pembelajaran seperti keatifan, tanggung jawab dan kedisplinan dalam proses pembelajaran
C.     Penutup
(10 menit)           1.   Guru bersama siswa merangkum materi pembelajaran hari ini.
2.   Guru melakukan refleksi melalui pertanyaan lisan, missal: apakah kalian merasa enjoy belajar hari ini?berikan alasannya!
3.   Guru memberika program tidak lanjut berupa penugasan kepada siswa untuk membuat kliping tentang kasus/kejadian pelanggaran lalu lintas dan angkutan jalan yang terjadi disekitar dan mendeskripsikan akibat yang ditimbulkan dari pelanggaran tersebut dengan menggunakan format sbb:
4.   Sebelum menutup tugas kliping dikumpulkan pada pertemuan  berikutnya. Dan guru mengucapkan salam penutup.

VIII. Sumber Belajar
1.Priyanto, AT Sugeng, dkk dalam buku Elektronik Pendidikan Kewarganegaraan SMP/MTs.Kelas VII Edisi 4 Jakarta : 2008 Penerbit: Pusbuk Depdiknas
2.Budi agung, 2010 Pedoman pembelajaran Pendidikan Keselamatan Berlalu Lintas.Bandung. Direaktorat Lalu Lintas Polda Jabar
3.UUD 1945
4.UU No. 10 Tahun 2004 tentang Tata Urutan Peraturan Perundang – undangan RI.
5.UU No.22 Tahun 2009 Tentang lalu lintas dan angkutan jalan
6.Buku sosialisasi UUD 1945, Penerbit :sekjen .MPR RI
7.Sumber lain yang relavan

IX.  Penilaian
Pertemuan 1
1.      Tes Lisan
Jawaban Kuis/pertanyaan berikut ini secara tepat!
a.       Sebutkan 3 dari 4 unsur hukum !
b.      Himpunan petunjuk hidup disebut apa?
c.       Apa hakikat hukum ?
d.      Hukum dibentuk dengan tujuan ?
e.       Pasal 30 ayat (1) menyatakan setiap warga negara berhak dan wajib?
f.       Tindakan melawan hukum sebagai tindakan korupsi. Setujukah anda? Beri alasan!
g.      Hakikat hukum ….?
h.      Ketertiban dimasyarakat akan terwujud bila seluruh warga masyarakat…
i.        UU.No. 10 Tahun 2004 mengatur tentang …?
j.        Salah satu ciri hukum adalah….?
k.      Mengapa hukum penting bagi warga Negara?

Keterangan
Jawaban benar diberi skor 5
Jawaban salah diberi skor 0
Skor maksimum seluruh soal5 x 15 =55
Skor minimum seluruh 0 x 11 =0
Jadi kelompok timbelajar berprestasi (STAD) adalah kelompok yang memperoleh skor tinggi, dari kuis yang diberikan guru
pertemuan 2
1.      tes tertulis dalam bentuk uraian
jawablah kuis /pertanyaan berikut ini  secara tepat!
a.       mengapa UU No. 22 Tahun 2009 Tentang lalu lintas dan angkutan jalan penting bagi masyarakat ?
b.      apakibatnya bila UU No. 22 Tahun 2009 tentang  lalu lintas dan angkutan jalan penting bagi masyarakat?
c.       bagaimana tata urutan peraturan perundangan di Indonesia menurut UU No. 10 Tahun 2004?
d.      apa kewajiban warga Negara terhadap peraturan perundangan tersebut temasuk kewajiban terhadap UU lalu lintas dan angkutan jalan?
e.       Perilaku yang bagaimana  yang harus di hindari karena bertentangan dengan etika budaya berlalu lintas?
Petunjuk penskoran
Bila menjawab sangat sempurna tiap soal diberi skor 5, sempurna diberi skor 3,cukup sempurna diberi skor 3, kurang sempurna diberi skor 2 dan tidak smepurna diberi skor 1.

Pengolahan skor menjadi
Jumlah seluruh skor maksimum seluruh soal  adalah 5 x 5 =25
Jumlah seluruh skor minimum seluruh soal 1 x 5 =5
Nilai 
Nilai ideal = 100 atau 10
Missal : Abd. Nugroho memperoleh skor 23, berarti nilai yang di peroleh adalah

2.      Non tes : pengamatan sikap perilaku dalama proses pembelajaran Intrumen Non Tes
Penilaian sikap dilakukan pada saat proses pembelajaranNo        Nama Siswa        Indicator perilaku yang di amati
Keaktifan             Tanggung jawab               Kedisiplinan        Kerja –sama
1              Arifin     4              4              4              3

               
               
               
No          Nama Siswa        Indicator perilaku yang di amati
Keaktifan             Tanggung jawab               Kedisiplinan        Kerja –sama
Pemberian skor perilaku tiap indicator:
Indikator  1.    Bila sangat tanggung jawab diberi skor          4
                        Bila tanggung jawab diberi skor                     3
                        Bila kurang tanggung jawab diberi skor         2
                        Bila tidak tanggung jawab diberi skor            1

Inidikator 2.    Bila sangat aktif diberi skor                            4
                        Bila aktif diberi skor                                       3
                        Bila bila kurang aktif diberi skor                    2
                        Bila tidak aktif diberi skor                              1
Indikator 3. Dst.                   
Pengolahan skor menjadi nilai dan pengkatagorian perilaku,
Jumlah seluruh skor maksimum seluruh indikator  perilaku adalah 16
Jumlah seluruh skor minimum seluruh indikator adalah
Nilai
Nilai ideal = 100 atau 10

SOAL IPA ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 KELAS 5 SD


I.          Berilah tanda silang ( X ) pada huruf a,b,c,dan d di  depan jawaban yang paling benar pada lembar jawaban yang disediakan!

1.   Hidung,tenggorokan dan paru-paru merupakan bagian tubuh yang berperan dalam proses pernapasan. Yang berfungsi untuk menyaring kotoran adalah…
A
rambut hidung dan selaput lendir
C
brounkus
B
brounkolius
D
Alveolus               
2.  Perhatikan gambar disamping !
  Bagian alat pernapasan yang ditunjuk adalah…
A
tenggorokan
C
brounkolius
B
alveolus
D
brounkus

                               

No
Nama penyakit
Penyebab penyakit
1
Influenza
Virus
2
Asma
Radang batang tenggorok
3
TBC
Bakteri tuberkolusis
4
Bronkitis
Penyempitan saluran pernapasan
      3.   Perhatikan tabel disamping!
Pasangan yang tepat dari tabel disamping adalah….
A.    1,  4           C.   2, 3
B.     1, 3           D.   2, 4
.          
    4.Gambar hewan disamping bernapas dengan             menggunakan….
     A.   paru-paru                                 C.   kulit
     B.   trakea                          D.   insang                  


        5    Perhatikan tabel dibawah ini !                                                                                                                                                                             
          
No
Nama Hewan
Alat pernapasan
Pernyataan yang benar dari tabel disamping adalah….
A.    1 , 3                  C.   2 , 4
B.    3 , 5                  D.   1 , 4
1
Buaya
Paru - paru
2
Cacing
Trakea
3
Belalang
Trakea
4
Ikan Paus
Insang
5
Buaya
Kulit

6                                        Pada saat terbang hewan disamping bernapas menggunakan….
   A.  paru-paru                            C.  pundi – pundi udara
   B.  trakea                                 D.  kulit


7.    
     Perhatikan gambar disamoing !
     Yang berfungsi sebagai pengecap rasa asin adalah….
     A.  1                                       C.  3
           B.  2                                             D.  4





8. Pencernaan makanan secara kimiawi adalah pencernaan makanan yang dilakukan oleh enzim. Enzim   amilase berfungsi untuk….
    A.   mengubah protein menjadai pepton        C.   mengubah zat tepung menjadi gula
    B.   mengubah protein menjadi asam amino   D.  mengubah lemak menjadi asam lemak

       9.  Nama alat pencernaan yang ditunjuk anak panah adalah…
          A.  usus halus                            C. kerongkongan
          B.  usus besar                           D. lambung
 





      10. Penyakit alat pencernaan akibat produksi asam klorida yang berlebih adalah….
            A.   Apendisitis                                                C.   Disentri
            B.   Mag                                                          D.   Tipes

      11. Berdasarkan fungsinya gigi dibedakan menjadi tiga yaitu,gigi seri,gigi taring dan gigi geraham. Gigi yang berfungsi untuk mengoyak makanan adalah….
            A.   gigi taring                                                  C.   gigi geraham
            B.   gigi seri                                                      D.   gigi taring dan gigi seri     

     12.  Makanan bergizi merupakan sumber energy,bahan pembangun, pelindung tubuh dan pengatur tubuh. Makanan yang mengandung zat pembangun adalah….
            A.   protein                                                       C.   lemak
            C.   karbohidrat                                               D.   mineral

   13. Bagian gambar jantung yang ditunjuk dengan hurup X adalah….
         A.   serambi kiri                          C.   bilik kiri
         B.   serambi kanan                                 D.   bilik kanan
        
       X  
        


     14.  Dalam tubuh manusia terdapat otot lurik,otot polos dan otot jantung. Otot penyusun jantung di sebut….
            A.   Miokardia                                                                 C.   perikarditis
            B.   perikardium                                                              D.   arteri     

15.                                Perhatikan gambar disamping!
                                    Urutan peredaran darah besar yang benar dibawah ini adalah….
A.    Jantung            keseluruh tubuh             jantung
B.    Jantung             paru – paru               jantung
C.   Jantung             paru – paru             keseluruh tubuh        jantung
D.   Paru – paru       jantung         keseluruh tubuh             jantung



16.  Pembuluh darah arteri pulmonalis membawa darah dari jantung menuju paru – paru yang banyak mengandung….
       A.   oksigen                                                                 C.   sari – sari makanan
       B.   karbondioksida                                                     D.   vitamin

17.  Tekanan darah tinggi, terasa nyeri di kepala,jantung berdebar – debar,badan lemah dan kepala pusing merupakan gejala penyakit….
       A.   hipertensi                                                              C.  leukimia
       B.   stroke                                                                    D.   anemia

18.  Penyakit peredaran darah akibatkan kekurangan sel darah merah adalah….
       A.   hipertensi                                                              C.  leukimia
       B.   stroke                                                                    D.  anemia

19.  Tumbuhan adalah mahluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri. Proses pembuatan makanan pada tumbuhan di sebut….
       A.   respirasi                                                                C.   fotosintesis
       B.   inspirasi                                                                 D.   ekspirasi

20.  Proses pembuatan makanan pada tumbuhan membutuhkan karbondioksida dari udara yang masuk melalui lubang – lubang kecil di permukaan daun yang disebut….
       A.   stomata                                                                 C.   rambut akar
       B.   lentisel                                                                   D.   pori – pori

21.  Fotosintesis pada tumbuhan hijau menghasilkan gas….
       A.   H2O                                                                      C.   CO2
       B.   O2                                                                         D.   C6H12O2

22. Ketela pohon,bayam , pisang,tebu ,jagung merupakan tempat menyimpan kelebihan karbohidarat hasil dari fotosintesis,tempat tumbuhan menyimpan makanan cadangan di dalam batang adalah….
       A.   ketela pohon                                                         C.   pisang
       B.   tebu                                                                       D.   jagung

23.  Mahluk hidup memerlukan tempat hidup untuk kelangsungan hidupnya dan untuk berkembang biak.Tempat tinggal mahluk hidup disebut….
       A.   ekosistem                                                             C.   habitat
       B.   populasi                                                                D.   komunitas

24.       Gambar paruh burung yang tepat untuk burung pemakan biji -       
            1                 2          bijian ditunjukkan oleh nomor….
         A.   1                                       C.   3
                 3                  4         B.   2                                        D.   4

     25.  Hewan yang melindungi diri dengan cara mengeluarkan tintanya adalah….
            A.   kalajengking                                                          C.   walang sangit
            B.   cumi – cumi                                                          D.   trenggiling

     26.  Cicak dan kadal melindungi diri dari musuhnya dengan cara memutuskan ekornya. Tindakan hewan memutuskan bagian tubuhnya disebut….
            A.   mimikri                                                                  C.   autotonomi
            C.   membelah diri                                                       D.   aposematik
 
    27.    Berikut ini yang bukan merupakan cara beradaptasi pada gambar hewan disamping adalah….
         A.   memiliki punuk untuk menyimpan cadangan makanan
         B.   memiliki kemampuan minum yang sangat banyak
         C.   bentuk dan susunan tubuh yang sesuai dengan tempat hidupnya
         D.   bentuk kaki yang panjang


     28.  Perhatikan cara – cara beradaptasi tumbuhan berikut ini !
            1.   mengugurkan daunnya di musim kemarau
            2.   memiliki daun berbentuk duri
            3.   memilki bentuk daun lebar dan tipis
            4.   batangnya berdaging dan berkulit tebal
            Yang merupakan cara beradaptasi tumbuhan teratai pada pernyataan di atas adalah….
A.    1                                                                            C.   3
B.    2                                                                            D.   4
      29. Pohon jati mengugurkan daunnya pada musim kemarau bertujuan untuk….
            A.   mengurangi penguapan                                       C.   mengeluarkan getah
            B.   memudahkan penyerapan                                   D.   menjaga keseimbangan

      30. Kain katun lebih banyak di pilih sebagai bahan pakaian,karena kain katun memiliki sifat…
            A.   mudah di jahit                                                       C.   lebih tahan air
            B.   lentur dan mudah di cuci                                      D.   mudah menyerap keringat
      31. Serat alami yang berasal dari hewan biri – biri disebut….
            A.   serat sutra                                                             C.   serat rami
            B.   serat nilon                                                             D.   serat wol

      32. Perhatikan jenis – jenis kertas berikut !
1.   Kertas HVS          
2.   Kertas karton       
3.   Kertas manila       
4.   Kertas tisu
Jenis kertas yang baik digunakan untuk membuat kardus adalah….
A.    1                                                                            C.   3
B.    2                                                                            D.   4
33. Perubahan benda akibat percampuran dengan air akan mengalami perubahan sifat dan bentuk benda,berikut yang merupakan contoh perubahan bentuk benda akibat percampuran dengan air adalah…
      A.   kopi yang dilarutkan dengan air                           C.   terigu yang dicampur dengan air
      B.   air yang didinginkan                                             D.   es yang dipanaskan

34. Perubahan benda yang bersifat tetap terjadi pada peristiwa berikut ….
      A.   kayu yang dibakar                                                C.   lilin yang dibakar
      B.   mentega yang mencair                                        D.   gula yang dipanaskan

35.  Perubahan air menjadi es hal ini di sebabkan adanya….
      A.   pembekuan                                                          C.   pemanasan
      B.   pendinginan                                                          D.   pembakaran



II.   Isilah titik – titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat pada lembar jawaban yang disediakan !
36. Manusia bernapas menggunakan paru – paru. Selaput tipis yang melindungi paru – paru disebut....
37. Pernapasan yang diatur dengan menggunakan otot diafragma disebut….
38. Katak adalah hewan yang hidup di dua alam,katak dewasa bernapas dengan....
39. Proses pencernaan secara kimiawi dilakukan oleh enzim, tujuan pencernaan dengan enzim  adalah….
40. Kerongkongan merupakan penghubung antara rongga mulut dan lambung,gerakan meremas dan mendorong makanan yang dilakukan oleh dinding kerongkongan disebut….
41. Pembuluh darah semakin jauh dari jantung akan semakin kecil,pembuluh nadi terbesar disebut….
42. Penyakit yang disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah vena atau balik disebut….
43. Bentuk mulut serangga berbeda – beda menyesuaikan dengan jenis makanannya, bentuk mulut lebah disebut mulut….
44. Kantong semar adalah tumbuhan pemakan serangga. Tumbuhan pemakan serangga disebut….
45. Air,mentega,gula,dan garam adalah benda yang mengalami perubahan wujud dan sifat benda yang dapat kembali ke wujudnya semula . Perubahan pada benda yang dapat kembali ke wujudnya semula disebut….

III.  Jawablah pertanyaan - pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas pada lembar jawaban yang telah disediakan !
46.  Influenza, bronkitis, TBC, asma adalah penyakit yang menyerang alat pernapasan,sebutkan 4 gejala penyakit TBC !
47.  Mengapa permukaan kulit cacing selalu basah, jelaskan !
48.  Pembuluh darah manusia ada dua yaitu, pembuluh darah nadi ( aorta ) dan pembuluh darah balik ( vena ). Sebutkan 3 perbedaan pembuluh darah aorta dan pembuluh darah vena !
49.  Sebutkan  4 cara penyesuaian kaktus terhadap lingkungannya !
50.  Sebutkan 3 faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan benda !